Pokemon Go Tips : Mengenal Jenis Banned Pokemon GO dan Cara Mengatasinya

Failed to get game data from the server

Kepopuleran game Pokemon GO sejak dirilis sukses menjadi viral semua kalangan dengan pro dan kontranya. Jika saat ini pemberitaan tentang efek bermain Pokemon GO sudah mulai sepi, muncul isu baru di kalangan pemain, yakni sebuah isu tentang banned permanen.

Salah satu konsekuensi bagi para pemain yang melanggar kebijakan adalah banned, termasuk pemalsuan lokasi dan penggunaan aplikasi pihak ketiga untuk bermain Pokemon GO. Belum ada satu bulan sejak perilisan bergilir ke beberapa negara, Pokemon GO sudah menarik perhatian para programmer untuk membuat aplikasi-aplikasi pihak ketiga. Penggunaan aplikasi seperti BOT, scanner, sniper, dan IV checker ini sempat membuat server Pokemon GO kualahan dan sering overload dan down. Pihak Niantic selaku pengembang menuliskann tentang hal tersebut di blog resminya.

Dirasa menghambat perilisan ke negara-negara lain karena server sering overload, Niantic sempat melakukan sedikit perubahan pada servernya dan sukses memblokir akses aplikasi pihak ketiga. Namun hal tersebut tidak bertahan lama. Selang beberapa hari, akses ke server kembali jebol dan aplikasi pihak ketiga kembali berjalan seperti sebelumnya.

Niantic sempat memberi hukuman banned kepada para pemain yang memanfaatkan aplikasi pihak ketiga, namun tidak terlalu berbahaya dan akun kembali dalam waktu yang tidak lama. Dirasa tidak terlalu berbahaya, jumlah pemain yang menggunakan BOT, sniper, scanner, dan aplikasi-aplikasi ilegal lain makin menjamur. Hingga akhirnya Niantic memberlakukan jenis banned baru, kemungkinan besar adalah banned permanen dimana akun benar-benar dihapus dari server dan tidak dapat dimainkan kembali.

Jenis Banned Pokemon GO dan Cara Mengatasinya

Softbaned

Banned yang disebabkan perjalanan yang tidak realistik. Kebanyakan saat memalsukan lokasi untuk berpindah-pindah ke tempat jauh dalam waktu yang singkat. Pemain yang terkena softban bisa melihat PokeStop, Pokemon, dan Gym, namun tidak dapat mengambil item di PokeStop dan Pokemon akan langsung kabur saat ditangkap.

  • Cara mengatasi softbanned : Softbanned sangat mudah diatasi, cukup menunggu beberapa jam atau berjalan-jalan di lokasi baru.

Pokemon banned dan PokeStop banned

Pokemon banned terjadi jika dalam waktu 23 jam menangkap Pokemon diatas 1000. Sementara PokeStop baned terjadi jika mengambil item dari 2000 PokeStop dalam waktu 23 jam.

  • Cara mengatasi Pokemon banned dan PokeStop banned : Kedua tipe banned ini akan sembuh dalam waktu tertentu.

IP banned sementara

Biasanya disebabkan terlalu banyaknya request ke server karena penggunaan 1 IP address untuk beberapa akun sekaligus. Pemain tetap bisa masuk ke dalam game, namun tidak akan menemukan Pokemon, PokeStop, maupun Gym.

Cara Mengatasi IP banned sementara : Karena sifatnya yang sementara, IP banned juga sangat mudah diatasai, salah satunya dengan mengganti IP address, atau menunggu beberapa jam.

IP banned permanen

Seperti IP banned sebelumnya, namun sifatnya permanen.

Banned permanen (kemungkinan)

Salah satu jenis banned terbaru yang dijumpai pemain Pokemon GO akhir-akhir ini adalah tidak bisa login ke game dengan keterangan “Failed to get game data from the server”.

Hal ini dicurigai sebagai banned permanen. Hingga saat ini, penyebab pasti kenapa Niantic menjauthkan hukuman ini belum diketahui secara pasti. Beberapa akun Pokemon GO dengan level tinggi yang menggunakan program ilegal berhasil bertahan, namun ada juga pemain yang baru beberapa kali menggunakan program ilegal justru terkena dampaknya.

  • Cara mengatasi “Failed to get game data from the server” : Hingga saat ini, belum ada cara yang bisa digunakan untuk mengembalikan akun yang mendapat login error “Failed to get game data from the server”. Kemungkinan besar ini adalah banned permanen dimana akun benar-benar dihapus dari server untuk selamanya, kecuali mengajukan banding melalui form ini karena merasa tidak melakukan tindakan yang melanggar ToS (Terms of Service) dari Niantic.

Game banyak dicari:

akun mobile legend yang kena banned, cara mengatasi mobile legend terbanned, tanda tanda banned mobile online