Tips dan Trik Football Manager 2015 Team Instructions : Possession

Tips dan Trik Football Manager 2015 Team Instructions : Possession

Tips dan Trik Football Manager 2015 Team Instructions : Possession

Tips dan Trik Football Manager 2015 Team Instructions : Possession

Salam Gamers!!! Jika kamu salah satu penggemar game simulasi manajerial sepak bola Football Manager 2015 (FM15), disini saya akan mencoba menghadirkan tips dan trik dalam permainan FM15.

FM15, salah satu edisi Football Manager yang dikembangkan oleh Sports Interactive dan SEGA, memang sudah hadir sejak akhir tahun lalu dengan menyajikan berbagaidisi tahun ini, tampilan pertandingan yang lebih realistis dibanding seri sebelumnya.

Dengan beragam fitur baru, bersiaplah untuk semakin kecanduan. Tak salah beberapa pengamat menyebut game Football Manager bisa bikin ketagihan. Apalagi, kalau dasarnya sudah fanatik dengan sepak bola, potensi kecanduan akan lebih tinggi.

Pada awal pembahasan, akan mengambil topik Team Instructions, salah satu fitur yang sekaligus menjadi landasan taktik Football Manager. Bahkan, Team Instructions menjadi salah satu bagian makro-taktik. Mudahnya, Team Instructions merupakan gambaran besar bagaimana tim akan bermain (dikombinasi dengan fitur mentality dan team shape).

Apa saja yang terdapat dalam fitur Team Instructions? Untuk bagian pertama, kita akan coba membahas mengenai Possession.

1.POSSESSION

Go Route One : memicu urgensi pemain untuk segera mencapai 1/3 pertahanan lawan (terhitung 35-36 meter dari gawang lawan). Bahkan, jika bola masih berada di wilayah pertahanan sendiri pun pemain akan berusaha agar bola segera mencapai 1/3 pertahanan lawan. Efek berikutnya, dari instruksi ini adalah; bertambahnya rata-rata panjang umpan yang dilepaskan, bahasa mudahnya, memicu umpan jarak jauh.

Instruksi ini, pada umumnya digunakan oleh manajer tim pada saat timnya dalam keadaan tertinggal dan berada pada menit-menit akhir pertandingan. Contoh: seperti yang dilakukan oleh Dortmund pada babak 8-besar Liga Champions 2013 menghadapi Malaga. Dalam keadaan membutuhkan gol untuk lolos, Dortmund meletakkan sebanyak mungkin pemain di kotak penalti. Mereka juga memerintahkan Mats Hummels untuk memberi umpan jauh langsung dari pertahanan sendiri ke kotak penalti Malaga.

Attribute pemain seperti composure, passing, dan technique, sangat berperan dalam keberhasilan instruksi ini. Di sisi lain, lebih disarankan untuk memiliki pemain dengan jumping, heading, strength, technique, anticipation, dan decision bagus untuk menerima umpan.

Efeknya, bola lebih cepat mencapai pertahanan lawan, cocok untuk kondisi lapangan basah (buruk), tetapi, mengurangi kemungkinan passing completed dan ball possession.

Jika anda bukan tim yang memiliki pemain-pemain berteknik bagus, ada baiknya bisa coba instruksi ini. Memang, di satu sisi, kemungkinan umpan tepat menjadi kecil (karena go route one memicu umpan jauh). Di sisi lain, bila anda memaksakan bermain extremely-possession semacam Barcelona atau Bayern Munchen, dengan pemain-pemain yang jauh dari mumpuni dan menghadapi tim yang jauh lebih kuat, dalam Football Manager, hal tersebut bukan sesuatu yang bijak.

More Direct Passing : Memicu pemain untuk melakukan umpan lebih segera, ketimbang memainkan bola perlahan. Terhubung dengan meningkatnya jumlah umpan jauh, walaupun tidak selalu secara langsung, berhubungan dengan umpan jauh (macam Kick n’ Rush). Pada era modern ini, Jurgen Klopp, Roger Schmidt, dan Diego Simeone merupakan manajer-manajer yang mengimplementasikan direct play ke dalam alternatif taktik tim.

Efek: Bola lebih cepat mencapai advanced area (area yang lebih depan). Akan tetapi, sekaligus mengurangi kemungkinan passing completed dan ball possession. Juga, memicu naiknya tempo permainan, yang pada taraf tertentu sangat mungkin berpengaruh pada stamina.

Retain Possession : Perintah agar pemain lebih lama dalam memainkan/menahan bola (dwells on ball). Sebuah tim taktiknya yang berlandaskan pada ball possession ekstrem, merupakan contoh sederhana dari cerminan instruksi ini. Pemain lebih berhati-hati dalam memutuskan apa yang mereka lakukan, terutama dalam hal mengumpan. Karenanya, lebih berhati-hati, karena pada gilirannya, instruksi ini memicu bertambahnya umpan pendek.

Efek: Persentase passing completed dan penguasaan bola bisa sangat tinggi. Kemungkinan efek buruknya, memberi kesempatan lebih pada lawan untuk berpikir dan mengatur formasi bertahan. Karena itu, banyak umpan pendek dilepaskan, instruksi ini kurang ideal untuk lapangan basah (buruk).

Shorter Passing : Umpan pendek. Ya, penjelasannya sesederhana itu. Sama seperti retain possession, instruksi ini juga berpengaruh pada tempo permainan (menjadi lebih lambat).

Efek: Sama dengan pada penjelasan retain possession. Bedanya, pada retain possession, pemain akan lebih berhati-hati dalam menjaga bola untuk tidak lepas pada lawan.

Pass Into Space : Umpan terobosan (through ball/killer ball). Istilah lain dalam sepa kbola Indonesia adalah umpan daerah. Umpan yang ditujukan tidak langsung ke kaki target (pass to feet), tapi ke ruang kosong (space) di sekitar target.

Efek: Cocok untuk skema serangan balik cepat, terutama saat lawan masih dalam fase transisi bertahan yang kemungkinan banyak vulnerable space tercipta di pertahanan. Namun, bila dilakukan oleh pemain dengan kombinasi attribute buruk (anticipation, decision, flair, vision/creativity, teamwork, dan passing) kemungkinan kegagalan umpan bisa lebih besar.

Work Ball Into Box : Berusaha memainkan bola hingga masuk ke kotak penalti lawan. Instruksi ini punya banyak efek. Pertama, sangat mungkin mengurangi intensitas umpan silang lambung (baik dari byline maupun deep area). Kenapa? Karena pemain diinstruksikan untuk memainkan bola hingga masuk ke kotak penalti lawan.

Efek lainnya, sangat mungkin meningkatkan jumlah umpan pendek, karena, sekali lagi, pemain diinstruksikan untuk memainkan bola hingga masuk ke area penalti lawan dengan sabar. Barcelona merupakan contoh ekstrem penggunaan instruksi ini.

Efek lainnya adalah pada tempo permainan yang sangat mungkin lebih rendah (lebih lambat), ketimbang memainkan direct play, misalnya. Mungkin jadi kurang menguntungkan bila, misalnya, anda seharusnya bermain crossing, yang sangat cocok dalam mengeksploitasi kelemahan lawan dalam mengantisipasi bola-bola udara.

Play Out of Defense : Memainkan bola dari belakang. Instruksi ini membuat pemain-pemain bertahan (bek dan gelandang yang bertugas bertahan), untuk lebih berhati-hati dalam melepaskan umpan. Contoh di dunia nyata, adalah, Bayern, Barcelona, dan tim-tim lain yang melakukan possession football dengan lini pertahanan sebagai insiator serangan.

Efek: Berpengaruh pada panjang umpan, tempo permainan, dan meningkatkan ball possession. Tapi, bila lawan memainkan strategi pressing intensitas tinggi, ada baiknya pertimbangkan lagi penggunaan instruksi ini. Pastikan lagi, anda memiliki pemain bertahan dengan kombinasi attribute yang mumpuni untuk menghadapi pressing ketat. Sehingga, saat di-pressing, pemain (pemegang bola) tidak panik, yang berakibat, mengumpan/membuang bola ke daerah yang membahayakan pertahanan sendiri.

Pump Ball into Box : Kebalikan dari work ball into box atau play out of defense. Instruksi ini memicu pemain untuk segera mengarahkan bola ke kotak penalti lawan melalui umpan-umpan lambung. Sedikit berbeda dengan go route one, adalah, pump into box lebih ditujukan agar permainan (bola) lebih segera masuk ke kotak penalti lawan.

Clear Ball to Flanks : Mengarahkan bola ke kedua sayap. Instruksi ini berpengaruh pada arah (tujuan) umpan si pemegang bola. Real Madrid terlihat sering melakukan hal ini saat mereka membangun serangan, dengan Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale sebagai target. Instruksi ini cocok dilakukan dalam kondisi seperti: anda kuat di sayap, sedangkan lawan sangat lemah. Kuat/lemah di sayap bisa berarti: anda menang jumlah (2 vs 1 situation) atau sayap-sayap anda punya technical atau mental attribute lebih baik dari lawan.

Hit Early Cross : Pemain-pemain sayap yang menerima umpan saat bola berada di 1/3 pertahanan lawan, memiliki kecenderungan untuk segera melepaskan umpan silang (crossing), tanpa berusaha mengolahnya terlalu lama. Instruksi ini berbanding terbalik dengan work ball into box. Bila (1) anda memiliki target man atau pemain lain yang berkemampuan aerial duel mumpuni, (2) memiliki crosser andal macam David Beckham, dan (3) bek lawan sangat lemah dalam duel udara, instruksi ini sangat disarankan untuk anda mengeksploitasi kelemahan lawan tersebut.

Dari sisi ‘possession’, shorter passing, retain possession, work ball into box, dan play out of defence, merupakan instruksi yang pas bila anda berniat memiliki ball possession banyak.

Direct passing, pass into space, clear ball to flanks, cocok untuk skema serangan balik. Kenapa? Dari sisi pertahanan, area tengah merupakan area krusial yang umumnya dijaga lebih ketat. Anda perhatikan, bila sebuah tim memainkan skema empat bek, pemain belakang yang paling umum bergerak naik (ikut menyerang) adalah bek sayap. Dalam situasi tertentu, saat serangan gagal area sayap merupakan yang paling terbuka. Eksploitasi area tersebut dengan permainan cepat (vertical-play). Pass into space dan direct pass merupakan kombinasi yang pas. Clear ball to flanks, mengarahkan bola ke sisi sayap.

Float Cross : Merupakan jenis umpan silang melambung. Kurva busur tinggi merupakan ciri utama crossing ini. Bila anda memiliki pemain dengan kemampuan duel udara hebat, jenis crossing ini cocok digunakan. Dalam kondisi lapangan basah sekali, ada baiknya anda coba float cross play.

Bila pemain depan anda bertubuh kecil dan tak bagus dalam duel udara, Low cross atau Whipped Cross merupakan pilihan bijak. Tapi, perhatikan baik-baik. Terutama whipped cross, instruksi ini akan bekerja maksimal untuk pemain yang punya kecepatan dan kelincahan mumpuni, anticipation, dan decision merupakan attribute krusial lainnya.

Whipped cross merupakan jenis crossing yang memiliki kecepatan tinggi dan menukik. Kemungkinan berhasilnya paling rendah di antara tiga jenis crossing yang ada. Tapi, juga sangat mungkin menimbulkan situasi panik di pertahanan lawan. Low cross, merupakan jenis umpan silang mendatar tanah. Apabila, anda mengarahkan crossing ke tiang dekat, low cross merupakan jenis crossing yang sesuai, tapi angat mungkin gagal dalam kondisi lapangan becek.

Run at Defence : Dengan instruksi ini, pemain anda akan melakukan dribble lebih banyak/sering. Bila anda memiliki pemain dengan kemampuan dribble baik (dribbling, technique, decision, flair, acceleration, agility, dan pace) dan anda ingin memaksimalkannya, bisa coba gunakan instruksi ini. Bila anda tidak banyak memiliki pengumpan bagus, run at defence bisa membantu anda menutupi kelemahan ini. Kurang disarankan bila anda bermain dalam kondisi lapangan buruk. Lapangan kering cocok instruksi ini.

Shot on Sight : Pemain melakukan tembakan langsung begitu kesempatan terbuka. Memicu banyaknya jumlah tembakan yang dilepaskan. Baik tembakan jarak dekat maupun jarak jauh. Bila kiper lawan memiliki kemampuan handling sangat rendah dan anda bermain dalam kondisi lapangan licin, bisa masukkan instruksi ini dalam pilihan strategi tim.

Demikian bagian pertama tips dan trik Football Manager 2015 – Team Instructions: Possession. Nantikan pembahasan berikutnya.

Game banyak dicari:

tips bermain championship manager 17, real football 2017 nama asli, cara bermain cm 17, trik football master, cara mendapatkan pemain bagus fifa mobile, cara setting pemain asli di football manager mobile, formasi terbaik fm mobile 2017, formasi fmm 2017, fmm 2017 nama pemain asli, formasi fmm, trik ermain game champions manager 17, trik untuk mendapatkan pemain bintang 7di real football, cara merubah nama pemain di fm android ?, formasi fmm 2017 terbaik, cara mendapatkan pemain asli di football manager 2017, cara merubah nama pemain asli football manager 2017 android, taktik fmm 2017 terbaik, formasi untuk fm mobile, formasi fm mobile 2017, cara supaya pemain original di fmm 2017, trik bermain football chairman, cara bermain football manager 2015 pemula, football manager buat ps2, cara edit ps3, football manager bagi pemula, cara nama asli di football manager mobile, cara edit bola di dls17, cara edit fmm 2017 menjadi nama asli, cara mengatur strategi di football manager mobile 2017, cara mengganti nama team di fotbal chairman