Panduan Lengkap Bermain Game Final Fantasy X

game final fantasy x

WALKTHROUGH FINAL FANTASY X 

ZANARKAND

Sehabis menyaksikan intro, kamu akhirnya mengontrol Tidus. Berikan perhatian pada fans beratmu dan bicaralah dengan mereka. Kemudian pergilah ke stadion melalui jalur utama (sebelumnya Tidus sempet melihat tampang ayahnya, Jecht, di layar monitor), dan film tentang perlombaan Blitzball akan berputar. Setelah serangan Sin menghancurkan seluruh kota Zanarkand, kamu akan bertemu Auron yang kemudian akan bergabung denganmu. Ikuti dia melewati jalur utama sampai kamu dikepung oleh Sinscale (disini kamu akan diberikan pedang warisan Jecht). Lewati beberapa gerombolan Sinscale tersebut dan kalian akan berhadapan dengan sang boss, Sinspawn Ammes. Strateginya; serang terus dengan teknik spesialnya Auron, kalo overdrives udah didapat, keluarin juga. Tentacle yang dimilikinya adalah parameter kesehatan, kalo semuanya putus, dia bakal mati. Sekarang, lanjutkan perjalanan hingga kamu dikepung lagi oleh Sinscale.

Serang terus sampai Auron memberi petunjuk untuk menghancurkan generator yang ada di sebelah kanan area pertempuran. Cukup fokuskan saja serangan ke generator tersebut dan kamu akan melihat adegan lagi, kalo udah selesai kamu mesti menyelam menuju petakan dimana ada anak kecil.

SUBMERGED RUINS

Setelah sadarkan diri, kamu akan berada di laut. Jelajahi seluruh tempat, di sebelah kanan kamu akan menemukan peti berisi 200 Gil. Sedangkan di sebelah kiri kamu akan menemukan Al Bhed Primer serta peti berisi 2 potion. Kalo udah, ikuti objective point yang berwarna merah pada peta menuju puing-puing yang dapat dipijaki. Arahkan ke utara, dan jangan lupa ambil Hi-potion pada percabangan sebelah kiri. Lanjutkan perjalanan hingga jembatan yang kamu lewati ambruk. Dari sini kamu akan berhadapan dengan Sahagin, tebas 2 di antaranya, dan boss bakal nampak. Nggak usah repot-repot, dia nggak bakalan kalah. Setelah beberapa ronde, Tidus akan mengalah dan kabur sesuai adegan yang berlangsung.

Naiki tangga, lalu periksa tumpukan debu yang ada di tengah-tengah ruangan. Untuk menyalakan api, pergilah ke pintu sebelah utara, jangan lupa mencari kendi Ether yang terletak persis di hadapanmu. Lanjutkan perjalanan ke atas dan periksa pot yang ada di sebelah kanan untuk mendapatkan Withered Bouquet, di ruangan sebelah juga udah menunggu Hi Potion. Sekarang kembali menuju pintu yang sebelah selatan untuk mendapatkan pemantik yang ada di meja yang udah reyot. Gunakan benda ini untuk menyalakan api. Kemudian, sang boss akan muncul, di pertengahan ronde seorang teman akan muncul dan membantumu (Rikku!). Gunakan granat yang dimilikinya untuk menghancurkan sang boss

SALVAGE SHIP

Kamu nggak punya pilihan lain selain bekerja sama dengan Al Bhed. Bicaralah dengan wanita yang ada di situ untuk mempelajari Sphere Grid. Lanjutkan perbincangan untuk menerima misi, dan sebelum menyelam, keluarlah dari air dan ambil Al Bhed Vol.1 pada geladak. Selain itu, kalo kamu bicara dengan salah satu prajurit, kamu bakal menerima 3 potion. Sekarang nyebur lagi, dan berenang ke arah poin tujuan. Periksa kontrol panel dan inti energi pada ruangan sebelah. Kalo energinya udah aktif, berenanglah ke kamar sebelumnya dan kamu akan membangunkan boss. Makhluk yang satu ini nggak terlalu sulit koq, jadi nggak terlalu bermasalah. Ikuti gadis tersebut keluar kompleks dan kembalilah ke perahu. Setelah mendengar beberapa berita yang nggak nyetel, sebuah adegan pendek bakal berputar

BESAID BEACH

Setelah kamu sadar, bicaralah dengan tim blitzball dan pergi ke bagian kiri pantai, lewat laut, untuk mendapatkan 2 antidotes. Kalau kamu balik lagi ke laut, berenanglah ke kanan menuju suatu ruangan yang ada peti berisi Moon Crest. Bicara dengan Wakka, dan ikuti dia menuju pedalaman. Setelah sampai di suatu tebing, tiba-tiba Wakka mendorongmu dan kamu akan jatuh ke danau. Di sebelah kanan danau sudah menunggu peti harta berisi Phoenix Down. Nah, sekarang berenanglah ke dasar danau sepanjang perjalanan dan kamu akan menemukan 2 antidotes. Ketika kamu udah sampai di daratan, arahkan ke desa, lihat sekitar dan bicaralah dengan warga desa yang ada, peti harta juga bisa kamu cari disini, terutama yang tersembunyi diantara pondok kedua dan ketiga di sebelah kiri. Berlarilah melewati semak-semak untuk mendapatkan peti tersebut. Kalo semua udah beres, masuk ke kuil besar yang ada di penghujung desa. Ajak ngomong pendeta untuk mengetahui perkembangan sejarah, kemudian balik ke pondokannya Wakka (sebelumnya kamu udah dikasih tau) untuk beristirahat. Ketika bangun, kembali ke kuil tadi dan bicara dengan Wakka.

Dalam cerita, Tidus akan mengacuhkan peringatan sang pendeta dan masuk ke dalam Cloister of Trial. Pecahkan puzzle yang ada untuk membuka pintu, kamu cukup menyentuh semua simbol yang bercahaya, dan masukkan sphere ke dalam tempat yang berbeda-beda. Untuk mendapatkan Rod of Wisdom, taruh Destruction sphere pada lubang di ruangan bercahaya kayaq jaring laba-laba. Kalau temboknya udah jebol, kamu bakal dapetin benda itu. Setelah menjelajahi semua area, gerakkan tumpuan sphere ke depan untuk menjalankan lift rahasia. Kamu tinggal turun aja koq dan latihan puzzle pertama terselesaikan. Sesudah semua rangkaian cerita berputar, keluar dari kuil, kemudian dekati kerumunan tempat Wakka berdiri. Dari sini kamu akan melihat aksi Yuna memanggil sang Aeon, Valefor. Setelah demonstrasi itu selesai, bicaralah dengan Yuna tentang Aeon miliknya, setelah itu bicara dengan Wakka untuk pergi beristirahat. Selama mimpi, kamu cukup berlari mendekati Yuna di sepanjang dermaga dan adegan akan berputar kembali. Jika udah bangun, pergilah ke Wakka dan dia akan memberikanmu brotherhood sword. Cool!

Sekarang waktunya untuk meninggalkan desa, cukup ikuti objective point yang berwarna merah dan kamu akan berhadapan dengan musuh, tenang aja, ini cuman latihan koq! Dan terakhir makhluk kucing berwarna biru akan menyerangmu. Setelah pertarungan dengan makhluk tersebut selesai, lanjutkan perjalanan ke pantai. Pergi ke dermaga dan bicaralah pada semua orang sebelum melangkah ke perahu. Beberapa penduduk bakal memberi oleh-oleh seperti: Seeker’s Ring, 400 Gil, dan Ether.

S.S.LIKI

Setelah kamu menarik sauh, bicaralah dengan semua orang, kecuali Yuna. Kalau kamu menjelajahi pojok sebelah kiri ruangan mesin kamu akan menemukan volume lain dari terjemahan Al Bhed, sebuah Remedy dan potion pada tempat tinggal crew. Ketika kamu menemui Yuna, Sin akan menyerang.

Bereskan 2 Sinscale, kemudian fokuskan serangan pada Sirip Sin raksasa. Ketika pertempuran dengan Sin raksasa, pertempuran yang lain udah menunggu di bawah laut. Di sini kamu cuma beranggotakan Tidus dan Wakka. Gunakan sebanyak mungkin special attack pada boss, abaikan musuh kecil yang menyertainya. Hadiah atas kemenanganmu nanti adalah adegan yang menakjubkan sekaligus menyedihkan.

KILIKA

Pergilah menuju desa dan bicaralah dengan warga. Di penghujung jalan, kamu akan menemukan seorang anak pada rumah yang nyaris ambruk. Tolonglah dia, kemudian pergilah ke bar untuk mendapatkan hadiah. Terjemahan Al Bhed bisa kamu dapatkan di sini, selain itu, pada pondokan yang ada di sebelah bangunan ini, 3 potion udah menunggu. Sekarang arahkan ke hutan dan pergilah ke tengah area untuk berhadapan dengan boss Lord Ochu. HP yang dimiliki cukup besar, namun serangannya lemah. Dia dapat meracunimu, dan kamu mesti bisa menahan racunnya hingga akhir pertempuran. MP Sphere dan Poison Steel bakal kamu dapetin kalau udah membereskannya. Jika kamu telusuri seluruh area, kamu akan menemukan sejumlah Mana sphere, Luck sphere, dan Scout. Selain itu, bicaralah dengan penduduk yang tersebar di hutan untuk mendapatkan Elixir dan Hi potion. Di ujung hutan kamu akan menemukan kuil. Sebelum kamu sampai, kamu akan dicegat oleh Sin. Bereskan tentacle yang ada di kedua sisi sebelum kamu membereskan kepalanya. Memanggil Valefor agaknya merupakan jalan termudah untuk menyelesaikan pertempuran ini.

Setelah beres, masuklah ke kuil, dan ikut berdoa dengan Wakka di depan patung, lalu summoner lain akan muncul dan mengajak bicara Yuna. Selesai perbincangan, naiki tangga dan selesaikan puzzle lagi. Sekali lagi, taruh sphere pada lubang yang ada untuk membuka ruangan yang baru. Untuk mendapatkan benda yang unik pada puzzle ini, dorong tumpuan pada ruangan api menuju lantai yang menyala. Kemudian, letakkan destruction sphere pada lubang di dinding yang berada di bawah tangga untuk membuka ruangan yang ada peti harta berisi red armlet. Ketika kamu membuka pintu yang terakhir, bicaralah dengan kawan-kawanmu hingga Yuna keluar dengan Ifrit. Sekarang, balik melewati hutan tadi menuju dermaga desa Kilika.

S.S.WINNO

Sekarang kamu ada di laut lagi, putari sekelilingmu dan bicaralah dengan semua orang yang ada. Sebelum berbincang dengan kawan-kawanmu, temui O’aka. Dia sedang butuh uang, berikan saja uang, karena di kemudian hari dia bakal menjual benda-benda unik yang sangat murah. Untuk melanjutkan cerita, dekati bola blitzball yang ada di tengah geladak, dan cuplikan memory akan berputar. Ikuti arah perintah untuk melakukan gerakannya si Jecht. Kalo kamu bisa melakukan gerakan itu, semua orang yang ada disitu bakal mengagumimu saat kamu berbicara dengan Yuna. Setelah dialog penuh kenangan selesai, kamu akan sampai di Luca hari selanjutnya.

LUCA

Lanjutkan perjalanan melewati dermaga dan kamu akan melakukan latihan blitzball. Pelajarilah dengan seksama dan jelajahi seluruh stadion kalo udah selesai. Pada area utama, yang terdapat tangga menuju arena, turuni tangga sebelah kiri untuk mendapatkan volume Al Bhed di sebelah manusia kucing berwarna biru. 2 Hi potion juga tersedia di ruangan ini. Kalau kamu mengarahkan ke Dock 1 (keluar arah kiri), 600 Gil berserakan di dekat tumpukan peti. Telusuri arah ke bawah dan kamu akan menemukan kotak dengan tidal spear. Jika kamu pergi ke perahu, 2 phoenix down udah menunggu. Kalo semua tempat udah dijelajahi, kembali ke stadion dan keluar ke arah selatan. Diiringi oleh Yuna, pergilah ke kota. Menjauhlah dari objective poin dan naiki tangga ke kanan. Pundi-pundimu akan bertambah 1000 Gil kalo kamu ke tempat ini. Setelah itu, arahkan ke objective poin dan masuklah ke bar. Ketika Yuna menghilang, pergilah ke dock 4. Kalian akan melakukan pengejaran sampai kamu melompati perahu yang sedang berjalan. Disini, boss musuh udah menunggu. Gunakan tombol perintah Tidus untuk memeriksa derek, kemudian pakai ilmu lightning-nya Lulu untuk membangkitkannya. Kalo derek tersebut udah aktif, gunakan dia untuk melenyapkan 4000 HP boss musuh. Setelah pertandingan, kamu akan balik ke stadion.

Wakka akan keluar dari tim karena cedera, jadi semua ini tergantung padamu untuk menyelesaikan pertandingan. Hasil yang diperoleh pada pertandingan ini tidak berpengaruh pada jalan cerita, kalah atau menang sama saja, kecuali hadiah yang bakal kamu terima kalo kamu menang. Setelah itu, Sin akan menyerang, Auron akan gabung denganmu. Perangi semua musuh dan bersauhlah dari kota.

MI’IHEN HIGHROAD

Sebelum kamu pergi ke utara, sebaiknya kamu berbicara dulu dengan para penduduk desa, mereka bakal memberikanmu benda yang menarik. Sebuah peti berisi Ice Brand terletak di belakang puing sebelah kiri. Setelah bertemu dengan pengendara chocobo, remedy tersedia pada sebelah kiri jalur utama dan 2000 Gil disebelah kanan. Di penghujung jalan, sebuah peti berisi eye drops udah menunggu sebagai hadiah perjalanan yang panjang dengan musuh-musuh yang menyebalkan. Selanjutnya, karaktermu akan beristirahat. Di tempat peristirahatan ini kamu bisa  menemukan Al Bhed Compiler. Ketika kamu meninggalkan inn, adegan akan berputar. Kamu juga akan menerima beberapa item dari para penduduk, termasuk volume lain dari Al Bhed. Boss yang akan kamu temui disini cukup berat, dia akan berusaha meng-KO kalian ke tepian. Hancurkan dia dengan bantuan Aeonmu, gunakan Ifrit dan Valefor untuk mengurangi HP boss. Jika dia berhasil melempar kalian ke jurang, kamu nggak bakalan mati, tapi kamu bakal kehilangan hadiah besar, mengendarai chocobo dengan gratis! Kalo udah beres jelajahi seluruh area. Pastikan kamu mengecek pinggiran jalan untuk mendapatkan item. Kalo kamu udah mencapai kereta, kamu akan kehilangan makhluk kuning tersebut. Bicaralah dengan penduduk di sekeliling area untuk melewatinya.

MUSHROOM ROCK

Lanjutkan perjalanan melalui bebatuan menuju lift mekanik, koleksi 1000 Gil, Remedy, dan sebuah item dari salib sepanjang perjalanan. Dan sebelum mencapai lift, naiki jalur yang berbentuk spiral untuk mendapatkan volume Al Bhed di lantai. Lanjutkan jalur tersebut menuju command center. Lewati korden dan ambil peti harta yang tersembunyi di balik rak tombak. Simpan permainanmu (gile pertama kali nih?) dan lanjutkan perjalananmu menuju objective poin. Sin kemudian akan hadirseperti biasanya. Boss yang satu ini rada-rada pinter, kamu sebaiknya menyerang kepalanya dulu karena dia bisa meludahi racun dan nggak bakalan me-regenerasi kalo udah rusak. Selanjutnya, bereskan kedua lengan hingga lenyap. Setelah semua beres, hancurkan bagian tubuh dengan serangan-serangan yang mematikan. Jangan lupa membereskan tali usus pada kedua lengannya ketika dia beregenerasi. Beres? Nanti dulu! Setelah FMV berputar, dia bakal balik, tapi dia rada lemah. Gunakan sihirnya Seymour untuk membuang gangguan tersebut secepat mungkin. Sebuah bencana akan terjadi kemudian. Cari seputar beachfront untuk mendapatkan nyawa, dan bicaralah dengan satu-satunya orang yang selamat oleh canyon wall. Dari sini, ngobrollah dengan teman-temanmu, ambil Hi potion dari peti harta di sebelah Auron, kemudian tinggalkan area …

DJOSE ROAD

Di jalan menuju kuil ketiga, bicara dengan survivor untuk item. Ada beberapa peti harta tersebar sepanjang jalan ini. Pastikan kamu memeriksa belakang pojokan untuk mendapatkan semuanya. Kalo kamu jeli, volume Al Bhed juga ada di belakang pilar sebelah kanan. Ketika kamu udah sampai di kuil, lihat kebelakang chocobo sebelah kiri untuk menemukan 4000 Gil. Di sebelah kanan, kamu akan menemukan 4 ability sphere. Di belakang inn juga udah menunggu Switch hitter. Udah siap? Masuk ke kuil suci, walaupun kelihatannya nggak stabil. Sebelum naik tangga, masuk ke ruangan sebelah dan bukalah peti harta. Salah satunya terdapat Mega phoenix. Setelah naik tangga, dimulailah tantangan, tujuan misi masih sama seperti sebelumnya. Letakkan bola cahaya pada tempat yang tepat untuk membuat semuanya beres. Hal yang paling bermasalah disini adalah memutarkan tumpuan ke sekeliling pada ruangan kedua. Untuk membereskan puzzle ini, letakkan 2 sphere pada tumpuan, dan dorong menuju energy pit. Kemudian, dorong tumpuan kedua ke depan. Kembali ke ruang kedua dan langkahi titik yang bercahaya untuk mendapatkan pijakan. Pasang kembali sphere dalam ruang pertama. Sekarang, ambil sphere yang bercahaya dan taruh di sebelah kiri pintu. Yup! Dan untuk memunculkan benda yang unik, jangan lompat ke elevator dulu. Sentuh dinding yang bercahaya di sebelah kiri untuk mendapatkan destruction sphere. Gunakan elevator, kemudian dorong 5 tumpuan menuju dinding. Masukkan destruction sphere pada tumpuan yang menghadapmu dan magic sphere sesukamu. Pada poin ini,Yuna akan mempelajari cara untuk memanggil Ixion. Setelah itu kamu mesti menunggu Yuna terbangun. Bosan menunggu? Carilah dia di ruangan paling kiri kuil. Sekarang, pergilah ke Moonflow.

MOONFLOW

Berjalanlah sepanjang jalan kecil, sekarang arahkan ke utara pada percabangan.  HG cukup mengingatkan saja, berbicara dengan para penduduk akan memberikan experience. Sewaktu-waktu kamu menemukan celah di jalan, belokkan saja dan kamu bakal menemukan sebuah peti. Di tengah perjalanan kamu akan bertemu dengan seorang teman. Terima tantangannya. Jika kamu menang, kamu akan menemukan 2 dragon scales dan summoner’s soul. Ketika kamu mencapai shoopuf station, carilah daerah sekitar untuk mendapatkan 5000 Gil. Naiki shoopuf tersebut menyeberangi danau, Setelah ini boss bakal menghadangmu, untuk mengalahkannya, gunakan eye drops yang kamu temui untuk menyembuhkan blindness yang disebabkan oleh serangan mautnya. Ketika kamu mendapatkan opening, cepat ngeluyur dan sembuhkan karaktermu bila perlu. Sehabis pertempuran, carilah dermaga shoopuf sebelah utara untuk mendapatkan volume Al Bhed. Dari sini, tinggalkan stasiun dan mulailah perjalanan lain melewati hutan. Rikku (lucu!) akhirnya ikutan gabung, kemudian lanjutkan perjalanan menuju Guadosalam

GUADOSALAM

Mulailah perjalanan ke manor Lord Seymour. Sebelah kanan pintu masuk ada Mega Potion. Setelah masuk, hi potion udah merengek-rengek minta diambil berada dibalik susuran tangga. Arahkan ke pintu utama untuk melanjutkan cerita. Berbicara dengan semua orang di restauran, dan saksikan even yang terbentang. Kalo udah siap, tinggalkan, kemudian naik ke jalan yang mendaki. Rumah di sebelah kiri terdapat peti harta berisi 3000 Gil dan volume Al Bhed yang lain. Cari pada meja untuk mendapatkannya. Sekarang, pergilah ke Farplane. Bicaralah dengan Wakka dan Yuna. Setelah kamu meninggalkan dataran keren yang mematikan, bicaralah dengan salah satu dari Lulu atau Rikku. Kemudian, arahkan ke gua sebelah kiri (jalur kota yang rendah). Dan semua orang akan siap untuk berangkat.

SANUBIA DESSERT

Ambil remedy dari peti yang tersembunyi di sudut sebelah kiri bawah dalam air. Dan lanjutkan penjelajahan di padang pasir. Boss vulture bakal menghadangmu dan mengepakkan living tar ke arahmu. Tahan seranganmu dan Lulu serta Auron akan muncul menolongmu ketika kamu dalam keadaan lemah. Sekarang waktunya mencari kawan seregumu. Ambil peti sepanjang perjalanan. Pada layar kedua (setelah menemukan Wakka), volume Al Bhed akan menunggu di sebelah kanan. Ketika mengikuti Rikku, beloklah ke bukaan yang berbentuk oval di sebelah kiri untuk mendapatkan volume Al Bhed yang lain. Volume Al Bhed tambahan juga tersedia pada bukaan dekat papan tanda. Peperangan bakal terjadi begitu kamu menyelesaikan bukit pesisir yang terakhir.

AL BHED HOME

Sebagai catatan aja, volume Al Bhed yang ada disini nggak sama seperti yang lain, kalau volume yang lain bisa diambil kapan aja, di sini sekali aja kamu melewati maka volume tersebut bakal lenyap. Pada pintu masuk, periksa tubuh (mayat?) untuk mendapatkan item, dan pastikan mengambil volume Al Bhed dari sudut kiri. Masuk ke pintu besi yang menghadap langsung, gunakan sihir berbasis air pada bom yang muncul, kemudian belok melewati pintu kanan. Setelah serangan para beast, kamu akan mencapai percabangan di jalan. Arahkan langsung ke kanan dan ambil volume Al Bhed dari lantai pada penghujung gang. Lewati pintu dengan segera ke kanan dan 2 mini boss bakal nongol. Beresi mereka kemudian pecahkan puzzle Al Bhed untuk membuka peti. Kalo kamu belum mengoleksi semua volume, oke deh HG bantu, nomornya adalah 5633. Untuk kunci kedua, jawablah dengan perintah berikut, 3, 4, 2 dan 1. Keluar dan baliklah ke atas tangga. Masuki ruangan sebelah kiri (rada sulit emang). Bereskan para musuh cere, kemudian buka peti. Untuk membereskan kunci ini, jawablah dengan benda yang kamu peroleh. Kunci yang kedua rada ngacak, jadi good luck aja deh! Kalo kamu berhasil menebaknya. Terakhir, ambil volume Al Bhed pada rak. Kembali ke percabangan tadi dan arahkan ke kiri. Save (gile save-an kedua!), kemudian lewati pintu. Ini bukan waktunya mencari Yuna, sebuah peti berisi 10000 Gil terselip di ruangan summoner. Sekarang, waktunya untuk take off ke airship.

STRATEGY EXTRA MONSTER ROUND UP

Sama seperti Pokemon, pemain juga bisa mengumpulkan monster yang ditemui. Untuk melakukan ini, pergilah ke Calm Lands. Cari Training Ground dan bicaralah pada orang untuk mempelajari teknik dan senjata yang dibutuhkan untuk menyelesai-kan tugas. Dia juga menjual senjata “Catch” dengan harga yang rendah. Beli benda tersebut untuk semua karakter. Sekarang yang mesti kamu lakukan adalah bertarung. Jika senjata tersebut udah terpasang, monster tersebut dapat ditangkap ketika kesehatannya habis. Kalo kamu berhasil menangkapnya pada zona tersebut dan membawanya ke peternakan, dia akan menggabungkan DNA miliknya ke dalam monster yang lain. Kalahkan semua makhluk bikinan ini untuk melawan beberapa musuh yang sulit. Pikirkan kembali hari-hari bersama Ultimate weapon FFVII.

THUNDER PLAINS

Sobek kotak sepanjang yang dibutuhkan dan benamkan sebagai penutup, walaupun petir yang menyambar tidak melukai Tidus. Berdoalah di depan batu yang bercahaya (dengan menekan X) untuk melepaskan Oactuar ke dalam medan pertempuran. Kamu bakal menemukan satu batu yang keluar dari bukaan sebelah kiri, dan batu yang lain tersimpan pada peti sebelah kiri. Makhluk tercinta ini akan mem-berikanmu hadiah berupa senjata yang menakjubkan jika kamu berhasil mengalahkannya. Sedikit lagi kamu berjalan, kamu akan menemukan inn untuk tempat beristirahat. Kalau kamu melanjutkan perjalanan, pastikan untuk mengambil yellow shield yang ada di tengah-tengah jalan samping penginapan. Sekarang lanjutkan perjalanan melewati area berlistrik ini.

MACALANIA

Jelajahi puncak pohon yang terhiup angin dan kamu akan bertemu dengan pendeta yang akan memberitahu tentang permainan butterfly. Turun sedikit lagi, Auron bakal membawamu ke sebuah sidequest. Ketika kamu mencapai ke lokasi yang diinginkan, boss musuh bakal nongol. Hati-hati, jangan gunakan overdrives aeon, nanti dia malah menyembuhkan sperimorph lebih dari 5000 HP. Setelah pertempuran kamu bakal nerima sphere-nya Jecht. Berjalanlah ke penginapan dan cari sekitar ruangan di samping kiri untuk mendapatkan volume Al Bhed. Lanjutkan perjalanan menuju objective poin ke danau. Sebelum kamu mengetahui siapa yang memukulmu, kaum Al Bhed akan muncul. Kalau kamu menghancurkan negotiator, mesin tersebut bakal meludahi serangan sebesar 1000 poin. Jadi kamu cukup konsentrasi aja pada crawler body. Sehabis bertempur, naiki snowmobile ke arah kuil. Bicaralah dengan kaum Al Bhed di dalam pintu masuk untuk mendapatkan 4000 Gil.

Jelajahi ruang utama kuil untuk menemukan 2 X potion dan 5000 gil. Sebelum melakukan trial, Seymour akan menyerangmu. Selama serangannya selalu bernuansa ice, thunder, water, dan flame, Nul magic milik Yuna akan mencegah pasukan dari cedera serius. Untuk membereskan penjaganya, gunakan summon aeon atau stone effect. Untuk diingat bahwa Yuna udah memiliki aeon yang lain. Ketika Seymour udah mulai habis HP-nya, lanjutkan penyerangan menggunakan aeon untuk menghancurkan musuh. Setelah pertempuran yang mengasyikkan ini berakhir, kamu mesti melengkapi trial yang lain dengan cara memindahkan sphere untuk membuka pintu.

Sphere pertama yang kamu butuhkan tersembunyi di tiang sentral. Masukkan ke tumpuan sebelah kanan. Dorong tumpuan kedepan untuk memindahkan es, dorong sekali lagi ke tembok sehingga tergelincir ke landaian. Ambil sphere pada plafon di ujung ruangan, kemudian turun ke landaian. Taruh sphere pada tiang sebelah kiri. Ambil sphere dari bidang yang kamu dorong sebelumnya dan jatuhkan ke dalam socket paling kiri. Tangkap sphere yang nongol dan taruhlah pada tumpuan. Dorong bidang ke kanan. Naik ke atas dan tangkap sphere yang terdekat. Masukkan ke dalam tiang sentral. Jembatan telah lengkap. Arahkan ke atas dan langkahi symbol. Ambil sphere dan dorong tumpuan menuruni lereng. Kembali ke tingkat menengah dan masukkan sphere ke tembok. Langkahi symbol yang menyala untuk mendapatkan kembali tumpuan. Ambil destruction sphere dari tumpuan. Turuni landaian dan masukkan sphere ke dalam ganjalan tembok yang terdekat. Tangkap luck sphere. Naik ke level sentral dan ambil sphere dari tembok. Taruh sphere ke dalam ganjalan tembok sebelah kanan. Dorong bidang ke kanan. Pindahkan sphere dari tempat yang barusan kamu taruh dan taruh ke ganjalan tembok sebelah kiri. Dorong bidang ke bawah lereng, pindahkan sphere dari tiang sentral. Turun lagi dan masukkan sphere ke dalam tumpuan. Dorong pedestal ke kiri, kemudian balik ke tingkat sebelumnya dan ambil sphere yang paling terdekat untuk ditaruhkan ke dalam tiang sentral. Pergi ke jembatan dan sebrangi. Dan kegilaan ini berakhir (ngomong-ngomong kalian ngerti nggak sih?). Kalau semua udah dilakukan … Lari!

Hindari penjaga sebaik yang kamu bisa dan seberangi jalur es. Di penghujung pesiar yang melelahkan ini udah menunggu boss musuh. Dia lumayan kecil, tapi punya 18000 HP. Gunakan serangan aeon dan status effect untuk membinasakannya. Walaupun tiap serangannya bisa mengurangi 1000 HP, dia nggak berkutik di hadapan makhluk summon. Ketika kamu terbangun sehabis berjatuhan, bicara dengan timmu, kemudian ambil item dari 2 kotak pada lingkungan sekitar untuk menemukan level 2 key sphere dan sebuah avenger. Kalo kamu berbicara dengan Yuna, semuanya akan berubah.

AIRSHIP

Selidiki tiap sudut airship dan bicaralah dengan Rin jika kamu membutuhkan item, kembali ke kontrol dek, dan bicaralah dengan pilot airship dan Auron merencanakan perjalananmu. Pada poin ini, beberapa suku Al Bhed yang kamu temui di panggung akan menawarkan item. Arahkan ke dek kontrol dan bersiaplah untuk melawan boss. Cid akan menolongmu, tapi dia hanya mempunyai 3 set missile. Beritahu Cid untuk menjauhkan kapal ketika rombonganmu membutuhkan penyembuhan. Hal ini juga merupakan poin yang menguntungkan untuk melancarkan serangan sihir. Pastikan sihirmu juga berpengaruh pada timmu, Kalo nggak kamu bakalan kelenger oleh serangan racunnya.

BEVELLE

Setelah menyaksikan adegan yang mengagumkan, perjuangkan arah jalanmu dari hadangan penjaga. Sebuah adegan yang menarik akan berputar, lalu teruskan perjalanan ke kuil. Ketika rombongan bertemu (di depan save point), perhatikan baik-baik jembatan untuk mendapatkan volume Al Bhed yang lain.

Sekarang waktunya memecahkan tantangan selanjutnya. Untuk memulainya, putar ke kanan, ke bawah. Ambil sphere bevelle dari tembok. Dorong tumpuan menuju track-nya. Kembali ke poin permulaan. Belok ke kanan pada persimpangan kedua. Taruh sphere tersebut pada dinding. Dorong tumpuan, kemudian balik ke permulaan. Pada persimpangan kedua, belok ke kiri. Ambil sphere bevelle dari dinding. Kembali ke poin awal lagi. Belok ke kanan pada persimpangan pertama, kemudian dekatlah ke kiri. Sekarang, belok ke kanan pada persimpangan kedua. Taruh sphere-mu pada tumpuan dan pindahkan sphere Glyph dari dinding. Dorong tumpuan, dan gunakan beberapa sihir sehingga sphere Glyph berakhir di tumpuan dan bevelle berada di genggamanmu. Arahkan ke kanan pada belokan terakhir dan letakkan bevelle pada dinding. Ambil Glyph dan taruh pada ujung gang yang kelihatan. Ambil destruction sphere dan taruhlah di tumpuan, kemudian ambil Bevelle dari dinding. Sekarang, bergeraklah ke plafon langsung bergerak ke kiri. Sekali lagi, lakukan beberapa sihir sehingga destruction sphere berada di tanganmu dan Bevelle berada di tumpuan. Dari sini, kembali ke permulaan loop dan langsung bergerak ke kanan. Dorong tumpuan ke sisi lain plafon. Putar ke kanan, kiri, kemudian kanan lagi. Naiki tangga dan ambil peti harta. Injak titik yang bercahaya untuk membuat tumpuan muncul lagi. Ambil bevelle dari tumpuan dan letakkan pada dinding. Dorong bidang ke kiri dan buka peti kedua. Kembali darimana kamu berasal, dan tantangan ini selesai (gimana pembaca? Ketemu?).

Ketika kamu balik ke lobby kamu akan dibawa ke dalam tahanan, tapi sebagai catatan penting, kamu mendapatkan Bahamut.

STANDING TRIAL

Ketika kamu dapat mengontrol Yuna, kamu mesti mencari jalan keluar dari maze raksasa. Rata-rata monster yang menghadangmu lemah dari biasanya, tapi pertarungan yang sulit bakal menanti. Minta pertolongan dari kawan-kawanmu kalo perlu panggil Aeon sekalian. Jalan keluar ditandai oleh cahaya merah yang berkedip. Pada akhirnya, kamu akan berhadapan dengan Aeon, sedihnya, Aeon yang satu ini lebih kuat daripada Aeon yang kamu miliki. Setelah pertempuran, pengendalian dikembalikan ke Tidus. Kalo kamu sampai save point yang kedua, musuh yang familiar nongol. Dia nggak terlalu sulit daripada sebelumnya, tapi kamu mesti berdoa karena Wakka dan Rikku udah naik levelnya.

Membuka kunci bisa menjamin kemenangan, tapi kamu bakal melepaskan 2 peti yang berisi senjata yang sangat kuat. Setelah ikan ini tenggelam, semua party akhirnya akan bergabung lagi. Sekarang kamu akan melawan Seymour lagi. HG menyarankan untuk menaikkan level Aeon-mu sebelum masuk ke pertempuran. Seymour bakal membunuh semua makhluk Aeon setelah sempat menyerang satu kali, jadi naikkan mereka sebaik mungkin.

CALM LANDS

Yuna membutuhkan teman sekarang. Temani dan tolong dia. Istirahat sampai pagi, kemudian ambil Lucid Ring dari peti sebelah utara (dimana Lulu sebelumnya berdiri). Keluar ke kanan dan kamu akan menghadap ke Calm Lands. Pintu keluar dari area yang luas ini terletak di sudut timur laut. HG menyarankan untuk menjelajahi seluruh daerah. Di pusat padang rumput yang luas ini terdapat tempat peristirahatan dimana kamu bisa menyimpan permainan sementara dan mengumpulkan beberapa item. Peti berisi level 2 key sphere tersembunyi di balik bangunan. Kalo kamu  mencari lingkaran yang terdekat, kamu akan menemukan Belgemine lagi. Selesaikan tantangannya untuk mendapatkan bonus yang menarik. Di sebelah selatan (sepanjang pinggir kota) terdapat chocobo trainer. Bicara dengannya dan dia akan melatihmu. Kalo kamu lolos tes, kamu bisa lebih mudah menjelajahi seisi kota. O iya, di sebelah kiri orang ini ada volume Al Bhed. Sebelah kanan dari pintu keluar yang diinginkan terdapat orang yang malas. Dia akan memberi misi, terima aja. Selain itu, jika kamu kepingin mendapatkan senjata paling kuat di game ini, dan volume Al Bhed yang lain, jumpai Ultimate Weapon section pada panduan. Tapi kalo nggak mau menyelesaikan sidequest, ikuti panah merah menuju daerah pegunungan. Setelah kamu menyeberangi jembatan, boss robotic yang sangat kuat akan nongol. Gunakan kekuatan Auron dan Armor Break untuk membereskan mesin canggih ini dan semua akan beres.

LEGENDARY WEAPON

Cari Magic Mirror. Untuk mencarinya, pergi ke Nagi Plains. Ambil Chocobo dan arahkan ke sudut paling tenggara pada peta. Cari sebuah bulu, kemudian berjalan ke area yang lebih rendah yang dihalangi oleh reruntuhan. Lari ke kuil. Bicaralah ke pemenang chocobo sebelah kiri. Kemudian, ambil chocobo sebelah kanan, dan lakukan lomba balapan. Menang? Dapatkan Cloudy Mirror. Pergi ke Lake Macalania dan bicara dengan ibu dan anak pada pintu masuk hutan di area ini. Sekarang, arahkan ke kanan, dan lanjutkan utara di pas jalan kedua. Ayah pada keluarga ini akan berlari ketika kamu mengatakan di mana mereka berada. Kembali lagi ke ibu tadi dan bicaralah. Pada poin ini, beloklah ke kiri, kemudian pada save point selanjutnya, buru-burulah ke kanan. Naiki jalur magis menuju lokasi sang anak, bicaralah dengannya. Setelah perbincangan, gunakan Cloudy mirror untuk mengubahnya menjadi Celestial mirror. Benda ini dapat membuka kotak sial yang barusan kamu lewati. Untuk menggunakan scroll yang baru saja kamu temukan, kamu mesti balik ke lokasi ini untuk memberi daya.

Sekarang, waktunya mencari Legendary Weapon untuk tiap karakter. Tapi sebagai catatan, pada mulanya, senjata ini kelihatan menjengkelkan, dan kamu musti membuka segel yang menahan kekuatannya. Tiap-tiap senjata juga terkunci oleh 2 segel.

CALADBOLG TIDUS

Tantang pengemudi Chocobo pada Calm Lands. Selesaikan semua latihannya untuk membuat penjaga berpindah dari pos penjagaannya di sebelah barat laut dari area ini. Lewati jalur yang sempit dan aktifkan symbol. Kamu akan mendapatkan Caladbolg. Untuk mengaktifkan, kembali ke Dome dan cari battleground dimana kamu bertarung melawan Yunalesca. Di sini, kamu akan menemukan Sun Crest. Kemudian, kembali ke Calm Lands dan selesaikan balapan chocobo yang ketiga dengan waktu 0:0:0. Cukup memungkinkan koq! Coba aja..

NIRVANA YUNA

Terima misi koleksi monster dari orang tua pada daerah pinggiran Calm Lands. Kalo kamu berhasil mengoleksi 9 makhluk di Calm Lands, dia akan memberikanmu hadiah spesial. Buka peti dengan celestial mirror, dan legendary weapon-nya Yuna bakal jadi milikmu! Untuk menguatkannya, arahkan ke pantai Besaid Island dan sobeklah Moon Crest dari peti yang tersembunyi di timur. Untuk segel keduanya, kembali ke Calm Lands dan arahkan ke area rahasia (lompati jembatan yang rusak dengan chocobo). Masuk ke kuil Remiem dan bicara dengan Belgemine. Kalahkan semua Aeon-nya, kemudian lakukan pengiriman untuk mendapatkan Moon Sigil.

GAGAZET MOUNTAIN

Selama menyelesaikan cerita, kamu juga akan terjerat pada ceritanya Kimahri. Kimahri akan memiliki beberapa serangan baru pada pertempuran melawan Biran dan Yenke. Gunakan lancet untuk mempelajarinya. Lanjutkan perjalanan dan periksa semua benda-benda berharga. Ketika jalan yang kamu lewati berbelok 90 derajat, arahkan ke gua besar untuk menemukan Sphere Braska. Sesudah ketemu save point, Seymour akan menyerang. Dengan 70000 HP dan kemampuan untuk memunculkan Zombie, dia tidak kelihatan bodoh lagi. Meningkatkan overdrives yang kamu miliki merupakan saran terbaik yang bisa HG berikan sebelum bertempur. Serangan penghancur miliknya bakal menghisap 4000 HP setiap karakter, sebaiknya salah satu karakter mempunyai HP lebih dari 4000.

RETURN TO ZANARKAND

Setelah Seymour keok, party akan mulai kegiatan discovery dan Tidus akan masuk ke dalam dunia mimpi lagi. Kalo ini terjadi, ikuti jalan menuju pintu. Ikuti serangga nakal yang mengganggu kepalamu. Kalo udah sampai, masuki gua besar. Peragakan kekuatanmu untuk Wakka dan teman-temannya, dan jangan lupa mengambil peti harta setelah tes selesai. Objective point akan muncul untuk tes selanjutnya. Tujuan kamu di sini adalah mencari jalan ke dalam gunung. Kuatkan  karaktermu pada save point sebelum diserang oleh naga yang sangat kuat. Monster ini akan mengeluarkan Curega dan Regen dari dirinya secara continue dan akan merintangi seranganmu dengan variasi efek. Mengeluarkan Shell untuk party-mu benar-benar membantu, dan menggunakan makhluk summon dari waktu ke waktu juga akan melemahkannya selain dia juga jarang banget menyembuhkan diri. Gunakan break attack-nya Auron setiap ada kesempatan, Eh ilmu Haste juga bukan ide yang buruk loh! Saksikan paduan suara yang menakjubkan di saat makhluk ini binasa dan kamu akan sampai pada tempat yang fami- liar. Ambil transmission sphere-nya Yuna di lantai, kemudian lanjutkan perjalanan menuju reruntuhan. Yuna sekarang membutuhkan waktu untuk berlatih summon lagi.

LEGENDARY WEAPON

MASAMUNE AURON

Arahkan ke bagian paling timur pada Dorge Cave dan kamu akan menemukan Rusty Sword. Persembahkan benda ini pada patung warrior di jalan Mushroom Rock. Dia akan memberikanmu arah jalan ke Masamune. Untuk menguatkannya, arahkan ke Mi’ihen Highroad, dan cari bagian paling selatan pada Old Road untuk mencari Mars Crest. Selanjutnya, tangkap 10 monster dari 10 spesies yang berbeda pada 10 benua yang berbeda pula dan peternakan tersebut akan memberikanmu Mars Sigil.

ONION KNIGHT LULU

Setelah mengalahkan boss di kuil Baaj, jelajahi kuil bawah air. Dari sini, kamu akan menemukan peti berisi senjata Lulu. Tempat ini cukup tersembunyi, jadi teruskan tekan X. untuk membuka segelnya, kembali ke Guadosalam dan kembali ke Farplane. Disini, kamu akan menemukan Venus Crest. Kemudian, berjalanlah menuju Thunder Plains. Sekarang, hindari dengan sukses 200 samberan petir tanpa terkena sekalipun. Kalo kena, ulang dari awal. Kalo udah Venus Sigil akan kamu dapatkan.

WORLD CHAMPION WAKKA

Arahkan ke Caf di Luca dan perlihatkan Celestial Mirror ke Bartender untuk membuka World Champion. Hati-hati, dia ngga akan memberikanmu sampai kamu memenangkan perlombaan. Sekarang, arahkan ke ruang locker Blitzball untuk mendapatkan Jupiter Crest. Untuk bisa membungkusnya dengan Jupiter Sigil, kamu mesti memenangkan beberapa turnamen.

GOD HAND RIKKU

Arahkan ke Mushroom rock dan gunakan Celestial Mirror pada symbol di penghujung jalan. Ambil God Hand dan ziarah ke Sanubia Desert. Salah satu pusaran air di situ terdapat Mercury Crest. Sekarang, cari Cactuar Rock dan berdolah didepannya. Selesaikan minigames Cactuar, kemudian ambil Mercury Sigil dari peti di area Sandstorm.

SPIRIT LANCE KIMAHRI

Kembali ke Thunder Plains dan aktifkan 3 cactuar rock. Pada bagian paling selatan, cactuar ghost akan muncul. Ikuti dia ke kuil, kemudian berdoa untuk membuka peti yang berisi Spirit Lance. Sekarang, ke Gagazet Mountain dan ambil Saturn Crest dari kotak diantara pilar (dekat pertarungan melawan Seymour). Akhirnya, kembali ke hutan Malacania dan ambil semua Blue Butterflies di minigames kedua, dan dapatkan Saturn Sigil.

DOME

Ikuti jalan yang diterangi bintang menuju Dome. Peti yang berisi Sphere Fortune dan Spiritual Targe dapat ditemukan sepanjang perjalanan. Kuil Dome nggak terlalu jauh dari jalanan. Seberangi jembatan yang udah rusak dan pikul item-item yang kamu temukan. Di ujung jalan, Tidus harus menyelesaikan tantangan Fayth lagi, yang ini cukup mudah koq. Cukup mencocokkan warna yang muncul di lantai dengan yang ada di dinding. Kalo kamu menginjak lantai yang warnanya nggak cocok, kamu mesti ngulang dari awal. Kalo semua udah matching, dorong tumpuan yang ada di pojokan ke dinding untuk mengaktifkan tantangan selanjutnya. Kalo udah beres semua, ambil sphere Kilika dari ruangan ini dan letakkan pada tumpuan di ruangan yang lebih kecil. Kembali, dan ambil sphere Besaid dan taruh pada tumpuan yang sebelah kanan. Lalu, untuk memunculkan benda yang unik, mula-mula kamu harus kembali ke permainan ini, sementara itu, simpan dulu permainanmu. Sang boss udah menunggu di ruangan sebelah. Hindari jangkauan pandangannya dan kerahkan semua yang kamu punya. Pertempuran dengan boss lain akan mengikuti pertarungan ini. Tapi sebelum itu kamu masih bisa keluar dan tingkatkan kekuatan. Perang selanjutnya dengan Lady Yunalesca, dia memang kelihatan innocent, tapi kekuatannya…wuih! Dan kamu harus melawan 3 perubahan bentuknya yang tiap-tiap bentuk memiliki HP lebih dari 20000. Jangan kaget, Lady Yunalesca bisa menetralisir Haste, Shell, dan beberapa efek status lain. Tapi kamu patut bersyukur, boss yang satu ini nggak terlalu merepotkan koq! Cuma pertempuran yang memakan waktu lama.

Tinggalkan Dome dan masuk ke airship. Bicara dengan Yuna. Sebelum berangkat, kembali ke Dome (tempat masuk terakhir pada Nav-map). Sekarang kamu udah bisa membuka item yang jarang.

Hitunglah semua kombinasi lantai di semua ruangan, kemudian ambil destruction sphere dan taruh benda tersebut pada ganjalan dinding sebelah kanan dalam ruangan yang besar. Ambil Magistral Rod, kemudian balik ke airship.

CONFRONTING SIN

Pilih Highbridge pada Nav-map. Pergilah ke bilik dan bicaralah dengan Shelinda. Lokasi Sin akan diketahui kemudian, pertempuran yang satu ini tidak mudah. Gunakan Mental dan Armor Breaks-nya Auron untuk mengurangi kemampuan bertahannya. Ketika Sin meningkatkan kekuatan pada matanya untuk serangan Gravija, suruh Cid untuk menarik pesawat. Lenyapkan kedua tangannya, kemudian 2 pod pada kepalanya. Walaupun kelihatan menyeramkan, dia nggak terlalu sulit koq! Setelah adegan pembunuhan berakhir, kamu akan menyerang Sin kembali. Tujuan kamu disini adalah melenyapkan 140000 HP miliknya sebelum dia mengeluarkan Giga-Graviton. Gunakan Haste pada semua party dan lancarkan serangan paling mematikan. Kalo kamu memanggil Aeon, kesehatannya bisa cepat naik, jadi simpan aja untuk serangan terakhir.

SIN: LAND OF THE DEAD

Ikuti jalur yang invisible sebaik yang kamu bisa. Kamu akhirnya akan menemui save point. Kalo kamu cukup ambisius, di situ ada banyak sekali item yang bisa kamu dapatkan. Selanjutnya, arahkan ke tangga. Boss kemudian akan kembali. Gunakan break-nya Auron untuk melemahkan dia, dan keluarkan sihir e-lemental untuk membakarnya. Kalo kamu melihat symbol yang ada dibelakangnya, kamu bisa mengetahui elemental apa yang sedang dia gunakan. Dia juga mempunyai 80000 HP dan serangan sebanyak 4 kali dalam satu turn. Meniadakan serangannya merupakan cara terbaik untuk menghentikannya. Setelah pertempuran, kamu musti melanjutkan ‘permainan’ ke dalam sin. Untuk mencapai sisi lain jurang (dengan peti dibawahnya), kamu mesti mencari tempat luncuran sepanjang dinding sebelah kanan. Di sisi lain, kamu akan bertemu save point terakhir game ini. Sebuah kapal besar akan jatuh tepat di depanmu. Periksalah segel yang bercahaya ungu. Ketika kamu pindah ke zona yang baru, sentuh tiap kristal yang muncul untuk mendapatkan benda unik. Ada 10 benda yang bisa dikoleksi.

Setelah kamu menemukan semuanya, kamu akan berpindah ke boss selanjutnya. Kalo kamu memiliki benda yang bisa menghalangi proses pembatuan, pakai aja! Jangan gunakan Aeon dulu, pakai mereka pada ronde kedua. Sewaktu boss meningkatkan kekuatannya dengan overdrive, baru kamu panggil Aeon dengan serangan hembusannya, kalo nggak kamu nanti akan disapu. Setelah dia gagal menyerangmu, kamu mesti berhadapan dengan Aeon-mu. Jangan kuatir, kamu nggak bakalan mati. Buang makhluk-makhluk tersebut, dan boss terakhir akan muncul. Cukup kerahkan Reflect pada setiap orang dan gunakan potion untuk penyembuhan. Saksikan Sin yang menyerang dirinya sendiri dengan Gravija. Ketika HP-nya rendah, serang dengan satu serangan mematikan, dansaksikan sebuah ending yang spektakuler. Ciao!

Tempat Rahasia

Setelah mengalahkan Yunalesca di Yevon Dome Zanarkand.anda akan mendapatkan pesawat

Cari Lokasi Tersebut Menggunakan kordinat X dan Y

Baaj Temple    X=11-16, Y=57-63

Sanubia Sands    X=12-16, Y=41-45

Besaid Falls    X=29-32, Y= 73-76

Mi’hen Ruins    X=33-36, Y= 55-60

Battle Site    X=39-47, Y=56-60

Omega Ruins    X=69-75, Y=33,38

Password Pesawat

anda dapat menemukan password ini dengan mengartikan pesan al Bhed tersisa di lokasi tertentu di sekitar Leptospira. Perhatikan bahwa semua password adalah case-sensitive

Senjata legendaris Rikku GodHand    Masukkan password GODHAND di semua caps

Rikku menang; baju besi yang membatalkan tiga jenis serangan elemental.    Masukkan password VICTORIOUS di semua caps

Auron’s Murasame: beruang kemampuan Satu Biaya MP.    Masukkan password MURASAME di semua caps

Strategi Extra

Setiap karakter pada awalnya memiliki gerakan overdrive. Walaupun begitu, teknik yang lain bisa didapatkan selama perjalanan. Dan pada saat itu, kamu juga bisa membuka beberapa konfigurasi teknik overdrive. Inilah hal-hal yang mesti kamu lakukan.

TIDUS

Semua teknik overdrives Tidus bakal muncul seiring dengan waktu. Kalo kamu gunakan Spiral Cut 10 kali, kamu akan membuka Slice&Dice. Gunakan 20 kali dan Energy Rain akan aktif. Kurang? 50 kali untuk membuka overdrive Tidus yang paling mematikan.

YUNA

Semua overdrives Yuna berhubungan dengan Aeon. Jika kamu memiliki Aeon tersebut, kamu bisa menggunakannya untuk Master Summon

AURON

Untuk mempelajari tekniknya Auron, kamu mesti mengumpulkan Sphere-nya Jecht yang tersebar di semua daerah. Sphere pertama yang kamu terima (sejak eventnya Jecht) membuka Shooting Star. Kamu

musti mengumpulkan tiga lagi untuk mendapatkan Banishing Blade, dan terkumpul 10 untuk membuka teknik penghabisannya. Paling HG cuma ngasih daftar dimana kamu bisa mencari Sphere Jecht:

Didapatkan secara otomatis (pada even Jecht)

Besaid village (dekat kuil)

S.S. Liki

Luca Stadion (locker room)

Mi’ihen Highroad

Mushroom Rock (dekat save point)

Moonflow (menaiki plafon)

Thunder Plains (dekat inn)

Macalania (dekat pintu masuk Thunder Plains)

Gagazet Mountain (jalur salju)

WAKKA

Menangkan sejumlah turnamen Blitzball dan gulungan baru akan bertambah ke overdrive meter Wakka.

KIMAHRI

Gunakan gerakan Lancet pada musuh yang spesifik untuk membuka kemampuan khusus. Overdrive yang paling hebat akan muncul dengan sendirinya.

LULU

Seperti Yuna, overdrive-nya berhubungan dengan sihir. Untuk mengaktifkannya, kamu mesti memutar stik analog yang kanan sesuai jarum jam.

RIKKU

Cukup mengkombinasikan beberapa item untuk membuat serangan overdrive yang baru.

Bonus Aeon

Sama seperti serial Final Fantasy sebelumnya, ada beberapa tempat Aeon tersembunyi selama permainan. Tentu saja, menambahkan mereka pada persenjataanmu tidak mudah.

ANIMA

Kamu telah melihat dia dan sempat merasakan bagaimana kamu disingkirkan olehnya. Untuk menambahkan Aeon ini, kembali ke kuil Baaj (pada Airship koordinat X-16, Y-57) setelah kamu mengoleksi semua benda unik dari tantangan Fayth. Lompat ke air dan jelajahi area tersebut. Boss yang familiar akan muncul. Kalo kamu berhasil mengalahkannya, sebuah kuil baru akan nongol. Dekati semua 6 patung yang ada, dan masuki bilik yang terlarang. Sebelum itu, Yuna akan kembali dengan Anima.

YOJIMBO

Kembali ke permulaan Gagazet Mountain dan masuk ke kuil di bawah jembatan. Ikuti jalur yang berangin dan cari seluruh sudut dan celah. Setelah save point, kamu akan bertarung dengan salah satu teman masa kecil Lulu. Gunakan teleporter untuk  berpindah ke bilik Fayth. Kamu musti membawa 300000 Gil untuk memenuhi Aeon yang baru ini.

MAGUS SISTER

Koleksi semua monster di Gagazet Mountain dan bawa mereka ke pengusaha peternakan di Calm Lands untuk menerima Blossom Crown. Selanjutnya, arahkan ke kuil tersembunyi di Calm Lands. Gunakan Chocobo untuk menggapainya. Kalahkan semua tantangan summon, termasuk Anima dan Yojimbo, untuk membuka Flower Scepter. Gunakan Crown dan Scepter pada pintu di belakang aula untuk mendapatkan Magus Sisters

Lokasi Airship yang tersembunyi

Ada beberapa lokasi yang tersembunyi. Cukup masukkan koordinat di bawah ini pada Search Menu untuk menemukan mereka di Nav-Map. Tekan X ketika koordinat telah masuk untuk menunjukkan sesuatu pada zona yang baru. Beberapa daerah ini bisa dimasuki kalo udah dibubuhi password.

BAAJ TEMPLE

Koordinat X-16, Y-57

Dungeon pertama pada game ini. Kalo kamu melompat ke air, boss yang kamu hindari barusan akan kembali, dan tentu saja, kamu bisa mengalahkannya. Setelah itu ambil Aeon yang baru (lihat Anima)

BATTLE SITE

Koordinat X-42, Y-57

BESAID FALLS

Koordinat X-31, Y-73

BESAID RUINS 2

Password: MURASAME

Nggak ada apa-apa disini, kecuali Murasame sword.

MI’IHEN RUINS

Koordinat X-34, Y-58

MUSHROOM ROCK

Password: GODHAND

OMEGA RUINS

Koordinat X-74, Y-36

Tempat yang baik untuk meningkatkan level, volume Al Bhed terakhir ada disini

SANUBIA SANDS

Koordinat X-15, Y-41

No Monster Encounter

Curi 30 Purifying Salts dari zombie pada Dome, kemudian kombinasikan mereka dengan senjata yang memiliki kemampuan No Encounters

Blitzball

Kesulitan mainin bola ini? HG punya teknik yang cukup membantu. Kalo kamu ngga bisa ngikutin tembakannya Jecht pada saat aksi di kapal (ingat?), kembali ke boat lewat Airship dan coba teknik itu sekali lagi. Setelah kamu berhasil menggerakkan tendangan tersebut, kamu akan memenangkan Jecht Shot 2 pada pertandingan Blitzball. Selain itu, kamu juga mesti memasukkan player yang terbaik (dengan menekan kotak) dan pelajari strateginya musuh.

Dictionary Al Bhed

Kamu pengin tahu apa yang Al Bhed katakan? Ada 26 halaman Al Bhed tersembunyi tersebar sepanjang permainan. Dan kamu akan bisa menerjemahkannya.

Movie & Music Player

Cari theater di Luca dan bicaralah dengan penjaga. Yang satu menjual music, yang lain menjual CG movie. Kamu bisa aja membeli semua barang tersebut (kecuali ending movie loh!)

Game banyak dicari:

football manager mobile 2017 nama asli, pemain murah fifa mobile, cara membuat kit dls di android, cara merebut bola di fifa 17, logo dream league soccer keren, logo dream league soccer unik, cara mengembalikan pemain yang sudah di edit pes 2016, pemain fifa mobile murah bagus, komentator indonesia pes 2017, edit personal data pes 2017, warna stamina pes 2017, cara mendapatkan token serangan versus di fifa mobile, cara mendapatkan token serangan versus, cara mendapatkan pemain elite fifa mobile, cara mendapatkan jersey resmi dan logo resmi klub di pes 2017 versi pc, cara mengembalikan pemain yang sudah di edit pes 2017, nickname mobile legend keren, formasi pes 2017 manchester city, cara merebut bola fifa 17, set lambang mobile legend, cara ganti nama fifa mobile, cara transfer pemain pes 2013 dari negara ke klub, tips bermain football chairman, perbedaan fts dan dls, formasi manchester city ps3, formasi terbaik di dream league soccer, cara memanggil lord di game mobile legend, formasi manchester city pes 2016, formasi fmh 2015 terbaik, cara bermain dream league soccer 2016 dengan teman